Hujan dan Fu Yung Hai

Sebenernya ada hubungannya ga sih antara hujan dan fu yung hai? Jawabnya : ada πŸ˜€

Sore kemaren kan hujan deres banget mengguyur jogja bagian jalan Affandi dan sekitarnya, kebetulan lagi sendirian di rumah, leyeh2 dikamar sambil nonton Daughter In Law di KBS. Menjelang maghrib, ujan makin deres aja. Lirik ke jendela, ihhhhh anginnya juga kenceng ternyata. Itu dahan pohon sampe kaya kesurupan gitu . Trus ngeliat fenomena yang paling menakutkan buat chigo. KILAT!!!! Berarti bentar lagi ada PETIR!!! 😦 . Ternyata bener, ga lama petir mulai bergantian memperdengarkan suaranya yang jelas membuat jantung ini berdegub kencang *tsahhh gaya bahasanya πŸ˜€ *. Tapi asli gede bener dah petirnya, sampe berasa gempa. Karena takut kenapa2, langsung aja matiin tv. Kalo kesamber petir kan gawat, sendirian dirumah ujan badai gini, panjang pula urusannya nanti 😦 . Langsung telp ayuk yang lagi diluar klebengan, ternyata dia juga terjebak hujan dan belom bisa pulang karena masih ada urusan . Hikss, ya sudahlah tegarkan dan kuatkan badan πŸ˜€ . Ga lama adzanpun berkumandang, mencoba sholat untuk menenangkan. Selesai sholat kok masih deres aja ujannya, petir juga masih gede2, perut laper, tp mau turun kedapur ga berani *emang aslinya penakut:D * , ya udah jadi nungguin ayuk aja sambil sms-an πŸ˜€ . Jam 1/2 9 ayuk pulang, ujan udah ga begitu deres jadi berani turun bukain pintu, langsung pasang muka memelas sambil megangin perut πŸ˜€ . Ayuk pun sigap membaca kondisi dan langsung ngajak ke dapur *ayuk baik deh πŸ˜€ *. Berhubung udah malem, jadi udah rada males makan nasi. Setelah intip2 isi kulkas, diputuskan untuk membuat fu yung hai aja πŸ˜€ . Kan enak tuh dingin2 makan yg anget2, hehehe. yang mau ngikutin jejak chigo, nih chigo kasih contekan resepnya Fu Yung Hai ala ichigo πŸ˜€

Bahan Dadar:

200 gr udang kupas ( bisa diganti daging ayam atau daging sapi )
1 siung bawang putih, iris halus
2 btg daung bawang, iris
1 buah wortel, iris korek api
3 btr telur, kocok lepas
½ sdt lada bubuk dan garam
5 sdm minyak goreng
Mentega untuk menumis

Saus:

1 siung bawang putih, memarkan
50 cc air
1 sdt tepung maizena
50 gr kacang polong ( td ga pk, soalnya lg ga ada stock )
1 sdt garam
1 sdt gula
Β½ sdt merica
1 cgkr saus asam manis botolan
1 sdm mentega
Cuka secukupnya

Cara membuat:

* Dadar Telur: Tumis bawang putih dengan mentega, masukkan udang dan semua bahan untuk dadar kecuali minyak goreng dan telur.
* Setelah tumisan dingin masukkan telur, panaskan minyak goreng dan goreng adonan jadi 2 bagian, sisihkan.
* Saus: Tumis bawang putih, masukkan air, saus asam manis, aduk rata.
* Setelah mendidih masukkan maizena yang sudah dicairkan, aduk dan didihkan.
* Masukkan semua sisa bahan, masak sampai mengental.
* Sajikan fu yung hai dengan siraman saus asam manis.

jadilah 2 porsi Fu Yung Hai, dan penampakannya seperti ini :

Ga sampe 15 menit udah abis * kecuali piringnya* , ada yang mau, hehehehe

Jadi ada hubungannya kan antara hujan dan Fu Yung Hai *maksa mode ON*

Advertisements

16 Comments

  1. February 18, 2008 at 12:57 pm

    tampak enak,, hmm,, cobain ah,, *mau bantu masak ga mba??* :mrgreen:

  2. duniaichigo said,

    February 18, 2008 at 1:38 pm

    silahkan dicoba *wink*
    boleh2, coba bawa kesini dulu bahannya, nti kita kasiin ke ayuk trus kita nongkrong depan PC aja πŸ˜€

  3. deethalsya said,

    February 18, 2008 at 5:22 pm

    hhmm, kyk-a enak tuh!! πŸ˜€

  4. duniaichigo said,

    February 18, 2008 at 5:36 pm

    hu`uh, silahkeun dicicipi gambarnya πŸ˜€
    emang enak kok itu, gampang pulak bikinnya
    cak dibuat πŸ™‚

  5. alle said,

    February 19, 2008 at 9:30 am

    tapi emang nikmat koq makan Fu Yung Hai di ujan yg dingin2 πŸ˜€

  6. takochan said,

    February 19, 2008 at 11:31 am

    Sepertinya enak, bisa gak ya saya bikinnya :mrgreen:

    Eh, ya, salam kenal mbak πŸ˜€

  7. duniaichigo said,

    February 19, 2008 at 11:58 am

    @alle : iyah bener, kl kata Pak Bondan tuh.. Hmmm, maknyusss….

    @takochan : bisa, gampang kok itu, ayo dicoba πŸ˜‰
    salam kenal juga takochan πŸ™‚ dan semuanya πŸ˜€

  8. Yuliazmi said,

    February 19, 2008 at 1:02 pm

    wow…, ternyata sudah rajin posting, posting resep plus foto nya lagi… Untung sempat difoto sebelum piringnya kosong πŸ˜›

  9. duniaichigo said,

    February 19, 2008 at 4:56 pm

    huahuahuahua, Uni tau aja :))

    iyah tuh, padahal dah laper banget tuh uni, tapi disempet2in difoto dulu *tersipu malu*

  10. February 19, 2008 at 6:06 pm

    wah aku juga suka fu yung hai..
    jadi mupeng πŸ˜›

    kalo ujan2, aku sukanya bikin sup krim instan. gampang, dan lezat! hehe. paling suka sup jamur.. mmmhhhh.. enak…
    *tanda2 lapar*

  11. cK said,

    February 19, 2008 at 8:36 pm

    *ngiler*

    uh…mauuuuuu >.<

  12. dobelden said,

    February 20, 2008 at 11:11 am

    minyak thok

    pantesan dirimu subur…

    *kaburrr

  13. duniaichigo said,

    February 20, 2008 at 11:13 am

    *sajikan sepiring fu yung hai hangat buat gigie ma cK*

    huhuhu gigie, chigo jadi pengen sup jamur ne πŸ˜€

    @ Aa jail : subur kan tanda makmur *siul2*

  14. Nin said,

    February 20, 2008 at 9:17 pm

    Boleh pesen gak?

  15. Syahmin. S said,

    February 21, 2008 at 9:11 am

    ehm…kayaknya enak nih…

  16. duniaichigo said,

    February 21, 2008 at 9:52 am

    @Nin : hehehe, buat sendiri aja Mbak, gampang kok πŸ˜‰

    @Syahmin.S : dicoba aja bang πŸ˜‰


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: